Kalau anda kemari nyari info tentang orang idiot. Sumpah! Anda salah blog.

Minggu, 14 April 2013

(Bahloel Jalan-jalan)^2 = Pesiden hampir turun tangan! Part 2

Pala saya pecah sodara-sodara. Sebentar lagi pecah. Ulangan dan TO datang bertubi-tubi seakan peluru di pantai Omaha saat D-Day. Sekarang baru berhadapan dengan salah satu musuh utama gw di SMA. Yaitu Ujian Sekolah. Sebenernya sih biasa aja, ya cuman yang diulanganin itu semua mata pelajaran. Bahkan pelajaran Penjaskes yang ga pernah ada catetannya pun diulangankan. Mana ada essaynya lagi. Apalagi sekarang juga udah H-1 UN. JEEEDDEEERRRR!!!

Ok kita stop dulu sesi curhat kita yang dipersambahkan oleh Kakipanax, belanja puas harga pas! Inga inga! Pake tiap hari pake tiap hari pake tiap hari......

Ehem... beneran lanjut. Jadi bang tio ini lagi sibuk ulangan sana-sini sodara sekalian. Jadiny ga sempet (baca: males) lanjut part II Bahloel Jalan-jalan. Dan sialnya gw agak-agak lupa kejadian Bahloel apa saja yang terjadi di saat kita menghancurkan Jakarta perlahan-lahan jalan-jalan keliling Jakarta. Semoga saja setiap menit saya mengetik saya bisa ingat kembali. Ceritanya langsung saya jadiin satu. Panjang-panjang dah ini post.

Seperti yang kita ketahui pada post sebelumnya, pada liburan semester awal tahu lalu, Bahloel sempet jalan-jalan 2 kali. Yang pertama ke Taman Mini, yang udah ane ceritain disini. Dan yang kedua ini yang akan gw ceritain. Yaitu jalan-jalan menyusuri Jakarta. Jakarta kan luas, jadi kita sudah siapin agenda perjalanan yang Bahloel ini.
  1. Kota Tua
  2. Monas
  3. Mesjid Istiqlal, bakal Shalat Jum'at karena kita berangkatnya hari Jum'at
  4. Gramedia yang satu gedung tingkat 3 isinya gramedia semua. Lupa gw dimana.
Seperti biasa kita adakan rapat. Kali ini ga di rumah gw karena udah kepepet. Jadilah lewat FB. Di grup tepatnya. Karena kita tahu jalan ke Kota Tua itu macetnya kayak showroom mobil bekas berjalan, banyak, sumpek, jalannya lambat lagi, jadi kita harapkan (kalau sama bahloel ga mungkin 'pasti') bisa dateng semua jam 8-an di Gardu, checkpoint kita. Yang ikut kali ini sama kayak kemarin, cuman yang sekarang kita cuman mengkhususkan Bahloel Ranger. Sayang Ikhbal ga bisa ikut, padahal kan mau kita teter jadi Bahloel seru kalau rame-rame.

The day has come. Gw pun bangun pagi dan langsung siap-siap. Sebagai Bahloel yang baik, gw berangkat jam 8. Gimana bisa baik padahal janjiannya jam 8? Ntar juga tahu. Oh iya gw bareng Arsyan, jadi gw sms dia dulu buat berangkat duluan trus tunggu gw di indomart depan komplek gw, biar gw ga nungguin dia gitu. Dia pun membalas oke, dan langsung gw cabut ke indomart.

Rencana tidak berjalan semulus paha Cherrybelle, Arsyan belum dateng. Moza, yang juga mau bareng gw sama Arsyan, sms gw suruh buruan. Apadaya gw, Arsyan yang menentukan nasib gw dan Moza. Setelah nunggu sekian lama, Ridho Rhoma dateng nyanyiin lagu 'Menunggu'. Iya kaleee..... Seteleha sekian lama, akhirnya datang juga si Arsyan dengan muka polosnya. Oh well daripada berlama-lama, kita langsung aja jalan ke pondok buat munggut Moza. Di Pondok, Moza udah ngetem di depan Dunkin Donuts sambil mainan hp. Langsung saja dia naik ke motor gw dan kita langsung menuju Gardu.

Pernajian kita disuruh dateng jam 8. Udah jam 9 kurang 15 menit. Cuman gw, Arsyan, sama Moza doang yang baru dateng. Lihatlah betapa baiknya gw. Mungkin ini emang rencana Dika sama Dimas supaya tempat ngumpul sudah diamankan sama 3 orang bermuka 'indah' ini. Jadi para preman ga ada yang berani deket-deket kita karena mukanya kalah garang. Seharusnya gw tau semua ini sejak awal.

Jam 9-an dateng penunggu Halim, Dika, naik angkot. Dan akhirnya datanglah sang pemimpin Bahloel Ranger, Dimas. Sebenernya sih rencana kita, yang udah ngumpul di Gardu, nanti ada 3 motor gitu jadi satu orang bonceng satu orang. Tapi emang dasar Dimas kupet (kutu kupret), dengan enaknya dateng sambil melambai-lambaikan tangan, di dalem angkot. Satu motor harus mengorbankan dirinya ditumpuk 3 manusia binal nan jahanam ini.

Karena motor gw masih nubi di jalanan, matic lagi, gw cuman boncengin Moza. Apalagi gw yang nyetir paling jauh masih dari rumah ke indomart depan komplek gw, waktu itu. Sekarang mah udah berhasil membawa motor, salah, mengendarai motor sampe sekolah sendiri bahkan kemarin barusan aja nganterin ibu gw ke depo bangunan di kali malang. Tenang aja motornya sehat dan masih dalam satu wujud kok. Kecuali oli, bensin sama cairan remnya, itu wujudnya cair. #DasarAnakIPA

Karena gw cuman boncengin Moza, Arsyan lah yang mendapatkan keistimewaan membonceng 2 orang lain. Selain emang motornya Arsyan udah banyak makan asam garam jalanan, tauk makannya kayak gimana, motornya juga yang bergigi, bukan, mentang-mentang tadi gw nyebut makan asam garam jadi mikirnya gigi di mulut. Maksudnya motornya dia itu punya transmisi manual. Jadi dia nariknya kuat walaupun ngangkut 3 orang, mungkin dalam kasus ini kita nyebutnya 2 1/2 orang karena Dika yang emang badannya kayak ranting.

Jam 9 lebih 15 kita langsung menuju halte bus pinang ranti. Jalanan sih ga terlalu jauh, cuman ada tuti (Tumpuk Tiga) itu. Beruntung ga ada foto kita di koran keesokan harinya. Sampailah kita di terminal Pinang Ranti.

Gw sama Arsyan turunin bawaan di depan SPBU-nya transjakarta, yang ada disebelahnya terminal persis. Gw suruh Arsyan duluan karena gw ga tau tempat nitip motor dimana. Ya iyalah dititip dulu mosok iya nih motor diiket gitu aja di belakang transjakarta. Kasian mobil dibelakangnya. Ternyata tempat penitipan ada dibelakang terminlanya. Ya udah Arsyan langsung aja nyosor lewat SPBU, gw ngekor dibelakang.

Rekor pertemuan para Bahloel tanpa ada keBahloel-an terlama gagal dipecahkan. Pas udah ditengah SPBU, kita langsung diteriakkin sama satpamnya. "WOY!! Mau kemana?! Ga boleh lewat sini!!!" Gw sih masih baru masuk, Arsyan-nya itu yang udah ditengah-tengahnya, kayak orang bener nyelonong masuk SPBU yang emang khusus buat transjakarta. Dimas, Dika sama Moza udah ngakak aja dipinggir jalan ngeliatin gw sama Arsyan. Ya sudahlah langsung balik si Arsyan sama gw lewat jalan disebelahnya, yang emang nyambung sama SPBU tadi. "Dulu padahal boleh" Arsyan berkelit. Yeee itu mah dulu, masih inget gw sama Moza ngomong gitu juga pas nyari gorengan di Tamini Square waktu bukber di post ini. Dunia ini berputar nak.

Setelah berhasil memarkir motor, kita langsung masuk dan membeli tiket Transjakarta. Belajar dari pengalaman dahulu kala yang sempet nyasar sampe Blok M, padahal mau ke Bunderan HI, kali ini kita bener-bener mencermati trayek dengan benar. Kesalahan kemarin kita salah ngambil arah. Di halte Bendungan Hilir bukannya ngambil yang ke utara malah yang ke selatan.

Saat menunggu bis di Pinang Ranti, ternyata udah keburu rame. Walhasil saat bis dateng menumpang penampung eh..... menampung penumpang, semua kursi udah keburu rame. Yah apa mau dikata, kita semua berdiri dengan beberapa orang lain yang tidak kebagian. Setelah melihat-lihat untuk mencari tempat duduk yang siapa tahu kelewat, terlihat sesosok mahluk, ga tau ghaib atau enggak, berkacamata yang lagi duduk dengan senyum sumringah melihat kita. Kayak gw kenal dia. Langsung gw itung Bahloel Ranger di sekitrar gw. Cuman 4, termasuk gw. Berarti bener. Orang itu tiada lain tiada bukan adalah Arsyan. Kampret emang Arsyan dia yang duduk di bangku sendirian diantara Bahloel Ranger ini. Lucky Bastard!

Kita berangkat emang pasnya Rush Hour-nya Jakarta. Nih Transjakarta makin sumpek aja. Mana macet lagi di Kampung Rambutan. Kaki gw harus berjuang sekuat tenaga. Dimas sama Moza yang dibelakang gw sudah berulah. Dibagian belakang Busway yang agak naik itu, mereka duduk dengan nyaman di pijakannya. Gw sama Dika masih berusaha emnahan rasa capek ini. Dimas dengan enaknya duduk sambil baca buku rekomendasi dari si 'ehemciecie'-nya dia. Gw sih bukan orang yang irian, gw Jawa. Bukan, maksudnya bukan itu. Gw bukan orang yang suka iri ke orang lain, tapi kalau orang lain itu temen gw, kenapa engga? wkwkwkwkw..... Gw sosorin tas gw ke dia pura-puranya Transjakartanya ngerem gitu. Padahal sih kalau Transjakarta ngerem gw mentalnya ke depan. Hukum Newton I. #DasarAnakIPA

Akhirnya tiba di Halte Semanggi. Kita pun turun. Sialnya, ada yang ngingetin Arsyan turun. Eh itu gw ding. Kita pun turun semua dari Transjakarta tersebut dan mempersiapkan diri melewati jalur penyebrangan terminal paling panjang yang pernah gw tau. Overpass Semanggi-Benhil. Ngelewatin jalan gede, muterin Plaza Semanggi, dan tingginya overpass ini sudah cukup memacu adrenalin gw, seoarang Acrophobia. Sebagai teman yang baik, Dika, Dimas dan Arsyan berusha jorokin gw ke pinggir Overpass yang dibawahnya langsung jalanan yang ramai. Moza pasrah aja gw pegang tasnya untuk menghalau jorokan manusia-manusia kampret itu.

DARATAN!!! Akhirnya sampai di tanah datar. Tapi, perjuangan belum berakhir karena kita belum sampai di Kota Tua, tujuan pertama kita. Kita naik bis yang kali ini arahnya bener. Suasana bis yang kita naiki ini sepi senyap saupi. Cuman ada 10 orang kali, termasuk kita sama supir. Jadilah tempat ini sebagai tempat bersantai-santai sambil moto-moto.


Dika, Moza dan gw ndiri
Arsyan dan Dimas
Cie potonya gw masukin blog. Wkwkwkwk.... Hati-hati untuk penderita usus buntu, gagal jantung dan kerontokan rambut. Jangan menatap fotonya lebih dari 15 menit.

Saat melihat ini udah jam berapa, ternyata sekarang udah jam 11 kurang. Sementara kita masih di sekitaran Bundaran HI. Akhirnya kita melakukan rapat kecil untuk menentukan apa kita lanjut ke KoTu atau ke Monas dulu sekalian Shalat Jum'at disana. Karena memang keterbatasan waktu, kita akhirnya memilih berhenti di Monas dulu supaya nanti ga susah nyari mesjid.

Kita pun turun di Halte Monas. Di jalan kita melihat sesosok ibu-ibu yang mencet suatu tombol di tiang lampu merah. Moza langsung target lock. Dia langsung menetapkan diri sebagai penekan tombol lampu merah buat nyebrang jalan. Tapi karena sekarang sudah dipencet ibu-ibu tadi, ya sudah kita ngikut dia aja nyebrang. Moza kita janjikan mencet tombolnya itu nani pas mau ke KoTu.

Kita masih harus berjuang menuju Monas karena haltenya berada tepat ditengah Jalan Medan Merdeka Barat, sedangkan pintu masuknya ada di ujung jalan. Lagi-lagi engklek kingkong dah sampai ujung

Saat berjalan, tiba-tiba ibu-ibu yang tadi, yang mencet tombol buat nyebrang jalan itu, balik badan ke arah kita lalu nanya "Mas mau ke Monas ya?". Nah loh ada apa ini? Jangan-jangan rencana kita mau menghancurkan jalan-jalan di Monas sudah ketauan intel dan dia berusaha untuk mengahalalu perjalanan kita ini. Langsung saja Dimas mengiyakan, takut kelamaan jawab kita langsung diserbu densus 88. "Oh lewat sini aja mas" dia langsung jalan ke arah pager yang membatasi taman Monas dengan trotoar ini yang ada di sebelah pos. Ternyata disana ada renggangan pager yang bisa dilewatin orang. Ibu itu langsung nyelip lewat pager itu. Ternyata ibu tadi bukan intel, tapi ibu adalah peri yang langsung turun dari surga untuk meluruskan jalan Bahloel Ranger ini. Hal ini bener-bener ngebantu kita dalam mempersingkat waktu. Tapi ga kebayang aja kalau Resky sama Adzie ikut. Nyangkut dulu kali mereka.

Sudah masuk ke taman Monas, kita pun berpisah dengan ibu peri tersebut. Karena gw sudah dengar bahwa sekarang taman Monas sudah dikasih WiFi gratis dari pak Ahok, wakil gubernur Jakarta tercinta ini, gw langsung mencari keberadaan sinyal tersebut. Bisa sih dapet, tapi ga bisa nyambung. Ga bisa di connect. PR masih belum selesai ternyata.

Yo wes karena kita udah di Monas kita mulai saja acara foto bersama. Dimas ternyata bawa kamera sama tripod, punya Arif. Langsung saja kita mulai berpoto-poto.


Satu saja cukup
Moza juga pingin poto sendiri dengan Monas setelah pada kesempatan lalu dia gagal karena sang pemotret ketuker antara tombol foto sama tombol kunci. Pemotretnya gw sih.

Kita langsung mencari jalan buat naik Monas. Pas ditengah-tengah, kita tau kalau mau ke Monasnya harus lewat jalan bawah tanah, tapi si Dimas ngotot masuknya lewat tengah, mentang-mentang ada tanda 'masuk lewat sini' yang nunjuk ke tengah itu. Ya terpaksa kita ikutin aja. Setau gw sih masuknya dipinggirnya, ga tengah-tengah gini. Setelah ngikut, bener aja perkiraan gw. Ada tanda lagi yang nunjukin masuknya lewat sono. Berhasil menghabiskan waktu 2 menit kita.

Setelah mendapat jalan yang benar, kita pun langsung menuju pintu buat masuk ke bawah tanah. Sebelum masuk, Bahloel Ranger yang belum sarapan mesen makanan dulu di depan. Moza, Dimas dan Arsyan langsung beli jajanan yang ada di depan pintunya itu. Gw ga makan, soalnya di rumah udah sarapan. Dika bagian yang menjadi lalat. Makan banyak tapi hasil minta, ya mana gemuk.

Makan udah kenyang, langsung saja kita turun buat beli tiket masuk. Tiketnya dibedakan menjadi 3, anak-anak, pelajar dan dewasa. Emang dasar cari utung, kita mencoba mendapatka tiket untuk anak-anak, tapi langsung gw urungkan karena dari awal udah keliatan rencananya ga bakal berhasil, bahasa alusnya, mukanya tua semua. Ya sudah kita beli tiket pelajar. Sebagai pemilik muka paling boros, gw, siap-siap ngeluarin kartu pelajar, kalau-kalau sang kasir tidak mempercayai muka-muka mahluk-mahluk Bahloel ini. Ga tau lagi sibuk atau di hipnotis oleh mata ketiga si Dimas (dia yang beli), sang kasir percaya aja kita beli tiket masuk.

Tiket tadi sih cuman buat masuk Monasnya, kaau mau naik beda lagi. Di dalem Monas kita liat-liat diorama sejarah Indonesia dulu. Sempet merasa aneh. Kok dioramanya proklamasi dulu baru dateng Belanda? "Dimulainya dari sini woy!" Arsyan nunjukin tempat yang seharusnya kita lihat terebih dahulu. Dari tempat itu emang bener-bener sejarah Indonesia yang pertama, zaman kerajaan-kerajaan. Nah ini baru bener. Sebagai anak SMA yang sudah mempelajari sejarah beginian, kita main tebak-tebakkan. Kalau tebak-tebakannya kayak di tv-tv, yang satu jawab, yang satu nanggepin, itu kurang Bahloel. Sebagai Bahloel Ranger, tebak-tebakkan itu kurang afdol kalau ga teriak-teriak. Protes-protes bertebangan menyusuri isi Monas dari mulut manusia-manusia ini. Mana pas lagi debat, masih ada orang yang ngeliat diorama yang kita debatkan lagi. Ga tau malu, sumpah.

Akhirnya kita memutuskan ini saatnya untuk naik ke puncak Monas. Tapi seperti yang gw bilang tadi, tiketnya cuman buat masuk, naiknya mah beda lagi. Berarti sekali lagi kita menghipnotis sang kasir lagi beli tiket dengan harga pelajar kembali. Tapi kasir yang satu ini sepertinya sudah cukup berpengalaman untuk menghadapi bocah-bocah gembel ini. Dia suruh kita nunjukin KTP (Kartu Tanda Pelajar) masing-masing. Sayang sekali pak kasir, kali ini anda bertemu pelajar sungguhan yang emang mukanya boros, bukan mahasiswa semester 8 yang nyari murah. So, kita kembali lagi mendapatkan tiket pelajar.

Akhirnya kita sampai........ ke antriannya. Ya benar, antriannya panjang. Sempet gw mau ceknya depannya itu lift atau bukan, takut-takut ini malah antrian beli minyak goreng curah, tapi niatan gw sudahi saat melihat sekelompok bule yang juga mau ngantri. Akal pikiran gw jalan juga, mana ada bule beli minyak curah? Atau jangan-jangan......... terpaksa gw cek depannya antrian ini. Ternyata ini antrian yang benar ke puncak monas. Jadilah kita antri disini.

Mengingat waktu ngantri itu sudah jam 11, Dimas mulai takut nanti kita ga ke buru lari ke Masjid Istiqlal buat Shalat Jumat disana. Kita sempet berunding bentar mau nunggu antrian atau ke Istiqlal dulu. Dengan pemikiran nanti kita diatas ga ada parasut buat loncat trus turun di Istiqlal, apalagi gw yang takut ketinggian, kita memutuskan untuk ke Istiqlal dulu buat Shalat Jumat. Well selama kita masih megang nih tiket menuju puncak, impian di hati, bersama janji kawan sejati, pasti berjaya di Akademi Fantasi ...o ...yeaaah....... ehem malah nyanyi lagi. Selama tiket ke puncaknya monas masih dipegang, kita masih punya hak buat naik ke atas sana. Lagian tiket masuknya juga murah.

Kita langsung mencari jalan menuju Istiqlal, kita pun melewati jalur yang sama saat kita masuk ke sini, lewat musiumnya. kita keluar musiumnya, di depan udah ada tangga buat ke jalur bawah tanah tempat kita masuk tadi. Tiba-tiba Arsyan nyeletuk di belakang, "Itu tadi kan tempat kita ngantri tadi" sambil nunjuk ke arah belakang kita, yang merupakan monas itu sendiri, terlihat antrian yang tadi kita tempati, tanpa pagar yang mengahalangi, dengan artian kita bisa saja langsung turun ke sini tanpa harus lewat musiumnya. Bagus. Energi dan waktu kembali terbuang.

Kita langsung menuju Istiqlal, sebelum sampai disana kita harus menyebrang jalan yang lumayan ramai dan besar. Kita pun mau menantang maut untuk menyebrang lansung, apadaya Dimas masih sayang nyawanya, dia mengajak kita buat nyari zebra cross. Bahloel berusaha menjadi warga negara yang baik. Mohon ditiru ya anak-anak. Bukan, bukan niru niatan buat menantang mautnya, tapi tiruin nyebrang lewat zebra crossnya.

Ternyata menjadi orang baik itu susah. Kita menyusuri trotoar untuk mencari sejalur Zebra cross, tapi ternyata jaraknya cukup jauh dari pintu keluar monas. Ya sudahlah kita nikmati saja. Moza melihat tiang yang sama seperti sebelum kita nyebrang di Halte Busway Monas tadi, tiang penyetop kendaraan. Langsung saja dia lari menuju tiang itu sebelum seseorang menekan tombolnya. Sampai disana harapannya sirna sudah, ternyata tombolnya rusak, jadi lampu merahnya ga nyala. Mana jalan ke Istiqlalnya juga cukup jauh lagi. Tertumpuklah asam laktat di otot betis dan paha gw dikarenakan pernapasan anaerob yang dilakukan sel-sel otot gw. #DasarAnakIPA

Sampai juga kita di Istiqlal, karena Dika Kristen, dia nungguin kita di halaman mesjid deket kali. Akhirnya mental dan fisik bisa istirahat juga setelah menempuh perjalanan panjang ini, yang masih akan berlanjut tentunya.

Ternyata pas Khotbah Jumat, sempet hujan lumayan deres, ga tau dah nasibnya Dika, dia sekarang berlindung dari ujan, atau sekalian aja ngikut nyemplung bareng angsa di sana. Tapi karena kita sudah mempersiapkan semua ini secara matang...... oke, setengah matang......... oke, kenyataan memang pahit, seperlimapuluh matang, semoga Dika membawa payung.

Selesai shalat, kita langsung nyari Dika dan bergegas kembali ke Monas supaya ga ngantri. Ternyata hujan masih berlanjut, walaupun intensitasnya (cia ilah bahasanya) berkurang. Gw pun menetapkan bahwa menggunakan payung hanya untuk orang tua dan wanita, gw hanya mengeluarkan jas hujan gw buat dipake, Dimas pake jaket hoodienya, Arsyan make topi, dan Moza pake pelindung tasnya. Beruntung sepanjang jalan yang make payung cuman wanita dan orang tua, jadi pernyataan gw belum terbantahkan, sampai kita bertemu Dika, dengan payungnya, yang warnanya pink. Entah pernyataan gw masih belum terbantahkan atau sudah dibantah.

Well setelah berkumpulnya 5 manusia dengan alat pelindung hujannya masing-masing, kita langsung menuju Monas kembali. Karena kita sudah merasa cukup tenaga yang terbuang, dan jalanan masih sepi karena orang baru selesai Shalat Jumat, kita memantapkan niat kita meyebrang jalan. Kita menyebrang bareng dengan sekelompok orang yang juga mau yebrang ke monas. 

Rupanya niatan jahat memang selalu tidak mulus. Saat kita semua nyebrang, tepat sesaat sebelum sampai ke zona aman, sendal gw lepas. Yes, lepas begitu aja kayak ga ada dosa. Sendal gw itu tipenya sendal selop gitu jadi ya kalau basah, jadi licin dan bisa lepas begitu aja. Gw langsung panik, gw lari sambil berusaha menahan sendal yang satunya lagi supaya ga lepas. Apalagi jalanannya sudah mulai rame, makin paniklah gw. Arsyan, Dika, Moza, Dimas sama orang yang nyebrang bareng kita pada ketawa semua lihat ini anak orang hidup dan matinya diatur sama sendalnya. Bagi orang-orang yang waktu ke Monas selesai shalat jumat ngeliat anak bawa jas hujan hitam, make baju putih gotong sendal Yongk* Komal*** warna coklat nyebrang jalan, itu gw. Mohon jangan ditiru ya anak-anak. Semuanya.

Setelah peristiwa "Sendal Jahanam" itu. Gw benci seketika sama sendal gw.

Kita kembali lagi ke Monas untuk naik ke puncaknya. Kita beli lagi tiket masuknya dan langsung menuju antrian lift yang menuju puncaknya monas. Ternyata masih ada antrian disana, dan lagi antriannya di tutup. Kita tanya sama sekuriti yang jaga di sana, katanya kalau punya tiket ya ngantri aja. Karena kita memang punya tiketnya kita ikutlah ngantri. Tapi kita memang ditakdirkan untuk naik dengan tidak mudah. Begitu nyampe di depan pintu lift, tiba-tiba ujan dateng, deres. Seharian ini mental kita sudah terlatih untuk sabar. So, not a single f**k given that day. 

Kita lesehan dilantai bersama pengantri lainnya yang juga terjebak dalam bayangan betapa dekatnya dia dengan harapannya. Moza langsung ngeluarin HP-nya, nyetel video. Kita nonton 'Larva' lewat HP-nya. Itu tuh kartun yang tentang dua ulet, yag satu warnanya merah yang satunya lagi kuning, tinggal di got. Moza nyimpen seluruh episod 'Larva' di Hp-nya itu. Artinya? Hujan deres sampe 1 setengah jam kita masih bisa nonton ini video. Perjuangan yang berat bagi Moza buat download ini video.

Hujan akhirnya berhenti, penjaga pintu lift udah mulai kontak-kontakan sama temennya yang di puncak. Akhirnya saat-saat yang ditunggu tiba. Kita naik keatas monas! *Lagu 'We are The Champion' berkumandang*

Sampai di atas. Waktunya norak-norakan! Poto sana-sini, kampung-kampungan di teropongnya, tebak-tebakan gedung sampai nakut-nakutin gw, yang sayanganya tidak berhasil karena pagernya tinggi udah gitu dikurung lagi.

Waktunya melanjutkan perjalanan. Setelah puas diatas, karena kita mengingat waktu yang semakin berjalan. Kita langsung menuju ke Halte Monas. Tiba-tiba Dimas lewat kiri, ke jalan kita mau ke Istiqlal. Seinget gw kalau mau keluar kagak lewat sini, kalaupun msu lewat jalan rahasia yang dipersembahkan oleh seorang ibu peri saat kita datang juga bukan lewat sini, itu lewat kolam yang gede. Dimas pun meyakinkan kita. Memang dasar jiwa pemimpin Bahloel Rangernya yang kuat, kita dengan sangat terpaksa mengikutinya.

Kita pun keluar Taman Monas, dan menyusuri jalanan. Gw udah tau kalau ini bukan jalan yang bener, karena waktu dulu gw kesini pas di pintu keluar ada air mancurnya di jalan. Kita pun menyusuri jalan. Sekian lama akhirnya Dimas menyadari kesalahannya. Ini bukan jalan yang ada halte busway. Di jalan aja ga ada jalur busway. Kita mengikuti pimpinan yang salah, pimpinan Bahloel Ranger, dimana anggotanya lebih bener daripada ketuanya.

Kita mungkin berhasil menjadi orang yang memutari monas melalu jalan terjauh yang pernah ada. Sepanjang jalan yang terjadi hanyalah racauan 4 manusia yang menyesal megikuti salah satu dari mereka dan gw yang selalu di troll sendal kampret ini. Sesekali gw coba lempar nih sendal dari kaki gw, tapi emang ini sendal rajanya troll. Gw dengan sekuat tenaga mengayunkan kaki gw ke depan dengan maksud ngelempar ini sendal dari kaki gw. Tapi kok kaki rasanya ringan banget. Gw liat ga ada sendal yang terbang ke depan gw, yang lain juga ga ngeliat. Gw liat kebelakang disitulah sendal gw dengan manisnya duduk di trotoar. Kalau dia bisa ngomong mungkin dia bakal bilang "Nih anak bego mau nyakitin gw? Pfffttt...". Pada akhirnya gw lempar dia secara manual. Bagi orang yang ngeliat 5 anak SMA jalan di Medan Merdeka Utara hari Jumat salah satunya make baju putih bawa tas hitam nendang sendal Yong** Koma**** warna coklat jauh di trotoar. Sekali lagi, itu gw.

Kita berhasil menelusuri Jalan Medan Merdeka Utara, yang tujuan kita sebenarnya adalah Jalan Medan Merdeka Barat. Tepat saat kita mengakhiri jalan Medan Merdeka Utara, kita melewati Istana Negara. Seperti kebanyakan turis lainnya, Moza berusaha untuk memotonya. Setelah dilihat-lihat sepertinya Istana Negara sedang dijaga cukup ketat. Keliatan ada beberapa penjaga yang lagi jaga pintu masuk. Ada apa ini? Apa mereka tahu kalau akan ada Bahloel Ranger yang datang kemari? Untuk sementara kita mencoba untuk menjadi warga negara biasa. Untuk menghindari hal-hal yang tidak-tidak.

Tepat disudut jalan, perbatasan antara Medan Merdeka Utara dan Barat, tantangan sekali lagi mengahadang kita. Becekan. Gede banget. Mau muter jauh, mau ngelompati pager masih ada paspampres di sekitar. Ya sudah lah nekat. Toh yang basah kaki doang. Untuk sementara gw sedikit menyukai sendal gw ini. Karena yang lain make sepatu, jadi ribet mesti buka sepatu dulu. Sementara gw dengan sendal gw? Pfffttt..... Like i give a sh**. Kubangan pertama sudah lewat, yang lepas sepatu tadi diapake lagi, celana panjangnya diturunin. Beberapa detik kemudian, ternyata masih ada kubanga lainnya. Ribet lagi dah.

Akhirnya kita sampai di jalan yang benar. Medan Merdeka Barat, dimana terdapat halte buswaynya. Sebelum kita sampai di Halte, terlihat rombongan mobil yang lewat dengan kawalan polisi. Rupanya ini rombongan Presiden! Pantesan aja ada banyak tentara yang jagain istana negara dan sekitar. Rupanya mereka udah tau kalau Bahloel Ranger lagi jalan-jalan ke Monas. Demi keamanan, Presiden baru lewat saat kita sudah diluar jangkauan Istana Negara. Taktik yang bagus.

Halte Monas kelihatan! Kaki ini sudah ga kuat. Gw, Moza, Arsyan, Dika bener-bener 'berterima kasih' kepada sang 'ketua' kita, Dimas. Berkatnya kaki-kaki kita tersiksa dengan rintangan yang tidak seharusnya kita temui. Sebagai perbandingan, Bisa diliat pada peta dibawah ini:


Merah : Jalur Dimas
Kuning : Jalur yang benar
Biru : Jalur Ibu Peri
Lihatlah perbandingan jarak yang kita tempuh. Itu dipojok kiri bawah ada skala. Silahkan hitung sendiri berapa selisih jarak yang bisa kita tempuh dengan beberapa jalur diatas. Sekali lagi, terima kasih Dimas.

Seperti janji kita semua, nanti Moza yang mencet tombol penyebrangan menuju halte. Kita pun berkonspirasi saat kita menyebrang nanti kita nyebrang kayak cover albumnya The Beatles yang nyebrang Abbey Road. Nanti jadinya The Bahloel yang nyebrang jalan Medan Merdeka Barat buat cover majalah Trubus. Saat menyebrang pun datang, kita siap dengan posisi masing-masing. Dari depan ke belakang : Dimas, Dika, Arsyan, Moza, Gw. Dan menyebranglah kita!

Sekali lagi, ini sendal minta di siram aspal panas terus digiles alat perata aspal. Sedang gaya-gayanya kita nyebrang jalan, lepaslah sendal gw. Ini sendal kayaknya ga terima tadi gw lempar terus gw cemplungin di kubangan. Ga tanggung-tanggung, dia lepasnya di tengah jalan! Tengah jalan sodara-sodara! Beruntung ini zebra cross dengan lampu merah jadi gw ga terlalu panik, ya tapi tetep aja di depan banyak supir mobil. Bagi yang hari Jumat di Monas melihat 5 anak menyebrang jalan dengan gaya The Beatles yang paling belakang pake baju putih sendalnya ketinggalan di tengah jalan. Dengan berat hati saya menyatakan, itu gw.

Kita sudah di halte Monas, tinggal menunggu bus menuju Kota. Senorak-noraknya kita, kita tau waktu itu ada bus baru yang dari China itu. Gw liat di tv sih itu bus ngelayanin trayek ke Kota. So, objective kita nambah satu : Naik bus baru. Ternyata kenyataan berkata lain. Waktu busnya ga nyampe Kota. Jadilah kita cuman naik bus yang biasa. Ya selama ga nyasar lagi ga apa-apa dah.

Kaki ini masih harus berjuang. Sepanjang jalan kita ga dapet tempat duduk. Jadi, sekali lagi, kaki ini harus bersuaha keras untuk melawan rasa capeknya. Perjalanan beberapa menit menjadi seperti beberapa jam. Berterima kasih sekali lagi dah gw sama Dimas.

Sampe di Halte Kota. Langsung saja kita mencari tempat duduk buat istirahat. Halte Kota itu ada jalur bawah tanahnya buat nyebrang jalan. Kita turun ke bawah ke tempat yang seharusnya ada air mancurnya. Tapi airmancurnya mati. Dan yang paling penting, impian dari semua pria yang terjebak pasangannya saat belanja baju, impian para musafir dengan tas besar di hutan beton, impian 5 onggokan daging yang mengelilingi Jakarta dengan susah payah, yaitu tempat duduk! Aduh ga kebayang senengnya duduk dengan santai setelah perjalanan yang kelewat capek itu. Karena sudah memasuki waktu Asar, Gw, Dimas, Moza sama Arsyan Shalat dulu di mushola deket situ. Dika nungguin di tempat duduk tadi itu.

Biarpun air wudhunya kurang seger karena emang disono daerahnya air payau, antara asin dan tawar, yang penting di musholanya ada AC. Lumayanlah memanjakan badan ini terutama kaki kita yang mungkin kalau punya mulut menjerit ke arah Dimas.

Selesai shalat, kita istirahat dulu bentar di tempat duduk di luar bersama Dika disana sambil dengerin pengamen disana yang cukup modal, karena dia bawa piano sendiri, mic sendiri, speaker sendiri, bahkan biola sendiri. Yes biola, yang mainnya kalau digeseknya ga bener suaranya kayak celurut kejepit kulkas. 10 menit istirahat, asam laktat kita larut oleh oksigen yang kita hirup disana. #DasarAnakIPA

Perjalanan menuju Kota Tua belum selesai. Kita masih di haltenya, belum di KoTu-nya. Jalan lagi. Ya ga telalu jauhlah. Sekarang juga udah sore. Jadi ya ga terlalu panas. Dulu pas gw kesini siang-siang, rasanya kayak dipanggang di wajan penggorengan yang panas, disembur pake air keras, terus dipakein baju dari koyo Salonpas. Tapi sore hari mengubah segalanya.

Sampe juga di alun-alun Kota Tua. Tujuan utama kita sih jelas, museum Fatahilah. Tapi apa mau dikata, jam segitu museumnya udah ditutup. Pintu masuknya udah dipenuhin anak alay yang nongkrong ga jelas. Tapi disana lagi ada pertunjukan Kuda Lumping. Lumayanlah terhibur dikit, walaupun pas ngelawak ga kedengaran soalnya rame disana udah gitu mereka cuman teriak doang, ga pake alat pengeras suara.

Cuman gitu doang? Kagak seru lah! Kita sekali lagi poto-poto disana. Kita mencoba sebuah pose seperti di majalah Time. Oke kita mencoba untuk lebih realistik, seperti majalah Lampu Merah. Itu koran malahan. Ya kira-kira macem beginilah.
Masih normal gayanya

Oke Tio, gayanya udah cukup bikin mual. Dua gambar udah cukup mata gua udah........
AAAHHHHH MY EYESSS....!!!!
Oke sudah cukup penyiksaan mata ini. Ada lagi saat kita mencoba foto seperti gambar yang pertama. Kita udah siap, kamera udah siap, tinggal nunggu timernya aja. Ga ada angin, ga ada hujan, ga ada badai, sesosok anak bocah jalan melewati depan kamera. Sebenernya kita ini kumpulan orang baik, jadi kalau mau numpang eksis ya sok atuh, numpang gaya bareng kita. Tapi masalahnya bukan begitu. Ini anak orang jalan ngelewatin depan kamera kita sambil BUKA BAJU! Buka baju! Bajunya di buka! Muka kita udah pada nahan ketawa semua, berharap tarian striptease anak itu ga ketangkep kamera. 

Klik! Kamera sudah mengambil gambar. Dengan penuh was-was kita melihat hasil jepretan poto itu. inilah yang kita dapet:

Muka-muka orang nahan tawa
Beruntungnya kita dia haya terlihat rambutnya doang.

Ntar dulu. Ini gw aja atau emang pas jalan-jalan ini si Dimas mainan superglue sebelum kita berangkat. Dari semua poto, si Dimas tangannya nempel mulu. Sebenrnya poto di Kotu yang pertama itu adalah poto terkahir. Jadi mungkin bisa kita ambil kesimpulan: Dimas mainan superglue di busway, jadi tangannya nempel mulu di dada. Dan di foto terkahir akhhirnya itu superglue melemah. Lepas dah tangannya.

Setelah puas membuat polusi pandangan di KoTu, kita memutuskan untuk makan dulu. Kita makan gado-gado dipinggiran sana. Itung-itung juga nyiapin diri buat pulang dan ngelewatin jalur penyebrangan Benhil-Semanggi. Puas makan, langsung saja kita menuju Halte Kota dan segera pulang.

Pulang bukan berarti ke-Bahloelan selesai mendominasi kita. Saat mau beli tiket, gw ga liat mana jalur masuk mana jalur keluar. Sebagaimana seorang Bahloel, gw dengan enaknya masuk jalur orang keluar halte. Gw baru nyadar pas Dimas, Arsyan sama Dika ketawain gw. Moza mana? Moza ternyata ngekor gw ke jalan ketidakbenaran.

Sebagai halte paling ujung, halte Kota menyediakan bus yang pasti kosong. Mana suprinya? Maksudnya kosong penumpang. Jadi kita menargetkan untuk mendapatkan tempat duduk yang belakang. Meskipun harus menunggu lama, yang penting bisa mengistirahatkan kaki ini untuk menghadapi kebalaan yang akan datang. Setelah menunggu cukup lama, dapatlah kita bus yang dicari.

Selama perjalanan kita pun beristirahat. Yang bisa tidur ya tidur. Seprti Arsyan, udah enak aja dia tidur di kursi tanpa ada yang mengganggu, karena kita sama Arsyan duduknya terpisah. Jadi ga ada yang ganggu dia. Si Dika juga tidur nyenyak banget, sender-senderan sama Dimas kan. Gw sama Moza juga dengerin lagu doang dari hp masing-masing. Udah deh ini perjalanan yang paling tenang dari semua perjalanan kita.

Tapi semua yang indah itu harus berakhir. Sebentar lagi kita sudah sampe di halte yang kita inginkan. Semuanya seakan punya mimpi yang sama kalau bentar lagi udah nyampe. Lewat satu halte, halte Dukuh Atas, belum. Lewat lagi halte, halte Setiabudi, masih belum. Lewat lagi, halte Karet, kata Dimas belum. Sekarang halte Bendungan Hilir, kata Dimas belum juga. Bis kembali berjalan. 

Tunggu dulu. Kita istirahat buat ngelewatin jembatan Semanggi-Benhil. Semanggi-Benhil. Benhil. BENHIL!!!! Kita harusnya turun di Benhil! Sekali lagi, Dimas berhasil menyesatkan kita lagi. Good Job! Ketua kita memang bekerja sangat baik hari ini. Terpaksa kita turun di Halte selanjutnya dan nyari bus ke Benhil.

Bis menuju Benhil pun dateng, langsung saja kita naik. Kita lihat dalemnya ini bukan bis biasa. Lampunya lebih terang. Depannya juga beda. Ini ga salah lagi. Ini Bis baru!! Our side objective! Naik bis baru : Completed. AC masih dingin. Mau berdiri juga ga kerasa capeknya. "Sebenernya ini yo kenapa gw lewatin halte tadi" Dimas ngeles. Dan kita pun tiba di halte Benhil.

Setelah kita berhasil melewati jembatan menuju halte semanggi, kita pun menunggu bus menuju Pinang Ranti. Kita menunggu cukup lama sehingga semuanya terasa capek lagi. Tiba-tiba Dimas jalan ke pintu yang paling ujung. Kebetulan ada bis yang mau dateng. Takut kedapetan tempat berdiri, Moza sama Arsyan langsung lari pontang-panting ke Dimas. Tau sendiri lantainya halte itu dari lempengan besi gitu jadinya ya mereka lari bunyinya gedebug-gedebag. Dika juga ngikut. Udah dah orkestra besi ini mah. Gw masih bingung ini kenapa anak orang lari kesono. Ya udahlah gw ikutin aja. Keputusan paling salah yang gw ambil hari ini.

"Ngapain lu pada kemari?" Dimas nanya ke kita dengan muka tanpa dosanya. Bis yang tadi di kira bakal berhenti ternyata cuman lewat. Kita semua sudah di PHP-in Dimas. Ya, benar. Kita bikin suara ribut tadi, cuman buat kita diketawain sama pegawai busway yang ada disana. Coba lihat, apa yang kurang dari sang ketua kita. 3 kali dia nyusahin kita. 3 KALI!!! Sejak saat itu, semua pendapat yang dikeluarkan oleh Dimas kita anggap sebagai angin lalu.

Akhirnya bus yang kita tunggu pun dateng. Tapi emang sekarang udah malem, jadi waktunya pulang kantor. Jadilah itu bus ramenya minta ampun. Udah tinggal diangetin jadi dah lemper bus. Bener sumpek banget. Berbanding terbalik sama bus yang sebelumnya. Dan kita pun ga dapet tempat duduk. Moza yang udah capek daritadi akhirnya mengambil langkah radikal. Dengan ga tau malunya dia duduk di lantai. Duduk begitu aja depan banyak orang yang ngeliatin dia, ditengah bus. Gw sama Arsyan, yang berdiri dekat Moza, sedikit demi sedikit melangkahkan kaki menjauh dari Moza, menuju ke tempat yang lebih netral.

Akhirnya setelah beberapa halte, bus mulai mengosong. Moza mulai sadar, dia berdiri lalu berjalan menuju kita. Kita ngumpul di pojok belakang bus, deket pintunya. Karena bus sudah mulai lenggang dan udah ga banyak penumpang yang masuk, akhirnya syaraf malu kita mengalah terhadap rasa capek pada kaki kita. Kita ngikutin Moza lesehan dilantai bus. Tapi seenggaknya kita duduk dipojok, ga ditengah-tengah bus.

Setelah perjalanan panjang, akhirnya kita sampai juga di halte Pinang Ranti. Perjalanan tinggal menuju rumah masing-masing. Dengan ini saya menyatakan perjalanan panjang ini berakhir. Tapi kayaknya ada yang lupa. Ada satu lagi tujuan kita yang belum terpenuhi. Oh well, doesn't matter now. Udah pada capek.

Capek. Semua capek. Perjalanannya, nulisnya, sama-sama capek. Ini nulisnya 4 kali duduk, 1 bulan. Well gw emang sibuk (baca: males). Tapi pada akhirnya sekarang gw tinggal UN. H-1 sekarang euy. Sok atulah. Udah belajar banyak mosok iya ga bisa nyentuh nilai 6. Seenggaknya kan lumayan dapet nilai 7. Kalau udah dapet nilai 8 tinggal nunggu doang dah keterima apa enggak. Ini kenapa nilanya makin lama makin naik? Biar dah siapa yang tahu gw bisa dapet segitu. Amin.

Selamat menempuh UN sodara-sodara sekalian yang sudah kelas 3 SMA. Semoga bisa lulus dan keterima di Universitas pilihan masing-masing. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar