Kalau anda kemari nyari info tentang orang idiot. Sumpah! Anda salah blog.

Sabtu, 09 Juni 2012

Nerdy Bookworm, Autism Gamer, or Anime-Manga Enthusiast? Part 2

Maap nih lanjutinnya lama. Maklum banyak kerjaan (Boong level over 9000!!!). Ya langsung aja dah.

Anime-Manga Enthusiast 


Dulu gw taunya paling Conan, Inuyasha, Let's and Go, sama BON (Bleach, One Piece, Naruto). Pas SMP dulu, pas gw sama 3 manusia cacat dan abnormal, si Trias, Zakki sama Luthfi (kangen gw sama 3 onggokan-onggokan daging yang bergerak ini, kemana aja lu pada?) pengetahuan gw mulai berkembang. Si Trias udah lebih pro masalaha dunia per-mangaan. Dia tiap hari minjem manga dari temen gw yang lainnya yang punya banyak manga. Bisa kali dia sekalinya minjem temn gw yang punya manga itu mesti bawa satu tas tersendiri buat dia. Isinyia penuh dengan buku bergambar dengan gelembung dialog dan bergaya jepang itu. Katanya satu tas itu dia bisa selesaiin dalam 3 hari. Tauk dah itu manusia gimana cara bacanya.

Pertamanya si Trias sama Luthfi ngomongin satu manga yang menurut mereka seru, yaitu MAR. Gw sih ga ngeh sama apa yang diomongin mereka, ya emang karena gw ga tau itu apaan. Lama-lama gw jadi penasaran juga, kayak gimana sih ceritanya. Karena waktu itu sudah ada WiFi, gw make hp bapak gw buat baca itu di Onemanga. Awalnya sih ga terlalu tertarik, tapi lama-lama gw jadi makin keasyikan sama ceritanya. Lalu setelah gw selesai baca MAR, gw pengen baca manga lain. Karena gw ga tau mau baca apa, gw inget-inget jaman dulu. Jaman-jaman dulu kan ada anime yang di tampilin di Tv7 (sekarang mah Trans 7) setiap pagi sama siang. Gw inget dulu ada anime namanya Rave, gw cobalah cari di Onemanga dan ding ding ding!!! Ada! Gw baca dah itu manga.

Remember these guys? Seharusnya sih kalian masih pada 
inget mahluk kecil berhidung bor sama pedang yang gede itu.

Kita lihat apa gw masih inget mereka. Dari yang paling kanan ke kiri itu Musica yang megang tombak perak, Elie, Haru yang megang pedang gede, Plue yang di atas kepala Haru, Belnika yang rambutnya biru, Let yang rambutnya jabrik terus yang mahluk kecil di pojok kanan bawah itu Griffin trus.......... lupa. Setelah gw cek di internet, itu yang kayak pinguin di kiri bawah namanya Ruby sama yang disebelah kanan Let itu Julia, dan ternyata yang bener itu Griffon, bukan Griffin. Close enough.

Di manga sama di Anime yang gw tonton di Tv7 waktu itu rasanya beda banget. Gw cek animenya yang di internet juga beda. Malah yang gw tonton di internet itu beda dari memori gw waktu kecil. Nah lho. Yang gw tonton waktu kecil itu apa dong? Gw inget banget ada adegan dimana si Elie masuk ke rumah orang terus ngeliat sebuah centong yang membuat centong. Ya, centong buat centong, inget banget si Elie teriak "Haaahh??? Centong buat centong?". Pada akhirnya gw sabodo teuing, baca aja lah, toh seru ini. Tapi gw belum nonton semua episodenya sih. Ya mudah-mudahan memori gw benar.

Belum selesai gw baca Rave, gw udah di cekokkin sama manga lainnya dari kakak gw. yaitu Kuroshitsuji sama Wild Life. Kuroshitsuji itu cerita tentang butler iblis bersama tuannya yang menjadi agen rahasia dari ratu Inggris. Ini settingnya di Inggris (ya iyalah, mosok iya Ratu Inggris tinggal di Pekalongan). Jadi mereka di suruh memecahkan kasus-kasus yang rahasia. Karena di Indonesia volume selanjutnya lama keluar dan lagi mesti pinjem ke temennya kakak gw, jadilah gw baca di onemanga. Wild Life itu cerita tentang seseorang yang waktu SMA itu GG (baca: Ga Guna). Tapi dia punya keahlian membedakan suara secara detail walaupun beda satu not gara-gara waktu bayi dia suka denger tetangga sebelahnya main piano terus. Pas udah gede akhirnya dia sadar kalau kemampuannya itu bisa berguna buat para binatang. Jadilah dia dokter hewan. Daripada minjem, gw memilih baca scara online.

Selesai baca Rave, gw ngerasa kayak kehilangan seorang temen. Rasanya tiap hari kosong gitu ga liat aksi si Haru dan kelompoknya. Biarpun masih ada Kuroshitsuji sama Wild Life, tapi Kuroshitsuji masih belum update chaptr baru. Wild Life juga gw lupa baca darimana. Bener-bener kerasa kosong. Akhirnya gw nemu manga lainnya yang dibuat sama orang yang juga membuat Rave. Manga itu Fairy Tail. Konsep seidikit berebeda dari Rave. Fairy Tail tentang sebuah grup penyihir dengan anggota yang kuat-kuat tapi rusuh. Gw baca dah ini manga. 

Pas baca ini gw udah kenal Kaskus gw intip-intip lah ke trid yang khusus bahas Fairy Tail. Gw baca setiap komennya tentang chapter terbaru saat itu. Ada satu user yang iseng nyebut "Hayate the combat butler". Selama gw baca Fairy Tail kagak tau gw ada karakter yang namanya Hayate, gw iat komentar lainnya. Teryata itu orang OOT abis. Itu judul manga pengarang lain. Karena emang gw lagi iseng nyari-nyari manga-manga yang bagus (baca : gratisan), gw search aja di onemanga. Langsung ketemu.

Gw liat kovernya, gambarnya bagus. Genrenya, sip comedy sama parodi. Chapternya, udah banyak, masih ongoing lagi (masih lanjut maksudnya). Iseng lah gw baca ini manga. Chapter pertama gw baca, gw ketawa-ketawa ga jelas. Chapter berikutnya, makin gila gw ketawa. Chapter-chapter lanjutannya, ibu gw panik anaknya perlu dibawa ke Grogol. Chapter 20 keatas, gw bisa senyum 20 jari saking lebarnya gw ketawa. Jadilah Hayate The Combat Butler the best manga comedy i've ever read. Mantap dah emang Hata Kenjiro bikin manga komedi parodi.

Kover volume pertamanya

Ga ada angin, ga ada badai, ga ada hujan, ga becyek, ada ojyek lagi, sesuatu terjadi. Terjadi pelarangan besar-besaran terhadap scan manga online. Banyak situs-situs baca manga online ditutup dan sialnya salah satunya itu Onemanga. Mampus gw bingung mau baca dimana. Setelah cari, cari dan cari akhirnya dapet tempat baru buat baca online, yaitu Mangafox sama Mangareader. Mangafox emang koleksinya lebih lengkap daripada Mangareader, tapi kalau dibuka lewat hp Mangafox yang paling bangke. Satu halaman bisa 2-5 menitan nunggunya, mana make memorinya gede lagi. Akhirnya gw baca di Mangareader. Biarpun ga lengkap setidaknya webnya punya manga yang lagi gw baca.

Manusia ini bukannya kapok terus beli manganya, malah jadi lebih keranjingan baca manga di web aka gretongan. Bagi manusia yang memang mampu (mampu beli, mampu ke tokonya) tolong jangan tiru anak ini yang kelewat males. Gw main ke trid-trid di kaskus bagian forum AMH (Anime, Manga, Haven. Sebenernya sih katanya Hentai, tapi karena takut kena UU Pornografi diganti deh). Main sana-sini nemu banyak manga yang menarik buat gw baca. Tapi cuman beberapa yang gw lanjutin kayak The World God Only Know, Yotsuba&!, Wa!, Kimi to Boku sama World Embryo. Emang dikit sih dan kliatan ga bakat banget gw jadi Anime-Manga Enthusiast. Tapi emang susah sih nyari manga yang cocok sama selera gw. Begitu dapet genrenya pas, jayus tingkat kabupaten. Dapet lagi yang genrenya pas, gambarnya ga menarik becak, eh... maksudnya menarik mata dan hati gw.

Semua chapter udah dibaca, tinggal nunggu update chapter baru, hidup kerasa kosong lagi. Nunggu update seminggu sekali, beberapa sampe sebulan sekali. Dirumah megang hape bengong doang jadinya. Suatu hari gw bengong sampe kuntilanak aja keusurupan liat gw bengong, datang ide jenius dalam pikiran gw. "Eh, kan Hayate The Combat Butler udah ada animenya. Coba ah!". Oke ga jenius-jenius amat pikiran ini, tapi ide itu membuat gw jadi naik level alias ke tingkat selanjutnya, nonton anime.

Hayate The Combat Butler beruntung menjadi anime yang pertama kali gw tonton dengan penuh niat. Gw cari tempat nonton online (sekali lagi gratisan) dan nemu Animecrazy.net. Ternyata udah keluar 2 season, ya udah gw liat dulu season pertama. Gw klik Hayate The Combat Butler season pertama, dan gw cengok. Mata gw lagi siwer kali ya perlu di cek ke dokter THT (jayus ya? ya maap namanya juga usaha). Gw kucek-kucek mata gw, terus gw liat layar laptop ku tercinta ini kembali. Gw syok. Untuk bisa lanjut ke season 2 gw musti nonton season pertama dulu, epsiodnya 52. FAKING 52!?!?!?!? Satu episod itu setengah jaman. Bukan, bukan setengah jaman dalam artian kayak jaman es atau jaman batu, tapi setengah jam, 30 menit. 52 X 30 = 1560 menit = 26 jam. Mampus. Gw megang laptop aja bisanya weekend doang sama liburan, itu juga cuman 2 sampe 3 jam, waktu itu masih punya satu laptop jadi ganti-gantian sama kakak dan adek. Apalagi gw waktu itu lagi asik-asiknya main Mafia Wars sama Castle Age di Facebook. Niatan gw turun drastis, susahnya jadi manusia tarsok. 

Akhirnya dengan sedikit niat yang tersisa gw coba nonton satu episode. Well, it's worth it. 30 menitan gw kayak orang yag baru bisa ketawa. Ketawa kenceng gw. Biarpun rada sama kayak manganya, tapi tetep aja gw ketawa lepas. Akhirnya niat gw naik lagi dan tiap weekend kalau sempet nonton 2 episode. Apalagi waktu itu libur lebaran sudah mulai, gw nonton habis selesai sahur, dapet 4 episode. Prodinya ternyata makin gila di animenya. Di beberapa episode muncul aja parodi MAR, manga pertama yang gw baca online.

Setelah sukses nonton Hayate The Combat Butler (walaupun berhenti di episode 30-an gara-gara ga ada waktu privasi) gw coba nonton anime dari manga yang udah gw baca lainnnya, The World God Only Know. Kebetulan juga season 2 baru mulai dibikin, tapi ini masih bisa diampunilah season satunya, cuman 12 episode. Dan lagi anime ini gw hargai sebaga anime dengan OP song terbaik selama ini. OP song aslinya 8 menit, 8 minute full of awesomeness, dipotong pas bagian epiknya buat dijadiin OP song animenya. Kapan-kapan gw bikin trid khususnya ah. Doakan gw ga tarsok.

Tau gw suka nonton anime juga, kakak gw racunin gw sama Nichijou, ulasan lengkapnya bisa diliat di post ini nih! Nichijou abis, gw galau. Lalu dikasih tau lagi Kimi to Boku udah dibikin anime. Abis juga, muncul lagi Danshi Koukousei No Nichijou.
Sebenernya artworknya bukan yang kayak gini 
Tapi susah nyari cover asli yang nampilin semua characternya

Danshi Koukousei no Nichijou salah satu anime sarap. Setting kayak Nichijou, anak-anak sekolahan, tapi ini lebih dominan cowoknya daripada ceweknya. Tenang, semua anime yang gw tonton itu terjamin amannya, ga ada yaoi-nya kok. Yang ini jokenya lebih realistis, jadi jangan kaget kalau nonton beginian salah satu episodenya nampilin adegan yang persis kayak yang lu lakuin pas SMA. Mulai dari cerita-cerita serem, belajar naik sepeda, sampe ngedubing orang-orang dijalan. Tiap episode pasti bisa ngakak gw. Sayang umurnya muda banget buat anime se-epic ini, cuman 12 episode. Galau lagi gw.

Daripada galau, gw coba-coba anime yang lagi ongoing, dapet satu Acchi Kochi. Kimi to Boku juga sekarang lagi season 2. Semuanya gw tonton lewat web onlenya, males download. Acchi Kochi lumayan sih bisa bikin gw ngakak, tapi ya ga se-epic Nichijou sama Danshi Koukousei no Nichijou. Dan akhirnya disinilah gw, masih mencari manga dan anime yang layak gw tonton. 

Kalau dilihat-lihat, betapa bookwormnya gw, gamernya gw, Animanga Enthu-nya gw, semua berawal dari masa kecil. Coba saudara gw ga pindah ke mari, gw ga bakal tau buku-bukunya Raditya Dika. Coba bapak gw ga ngijinin gw main Virtua Cop, ga bakal suka main game gw. Coba waktu kecil ga pernah nonton Rave, ga bakal gw baca Fairy Tail, ga bakal tau Hayate The Combat Butler, ga bakal nonton anime, ga bakal gw tau ada anime-anime epic.

Asik aja nyeritain asal mula kita suka sama ini-itu. Masa kecil memang yang membentuk kita. Ga tau dah nanti gw gede kayak gimana dengan modal yang kayak gini. Makin Nerd? Autism? atau Enthusiast? Tapi yang pasti gw maunya makin berguna lah buat orang-orang sekitar, kalau bisa terkenal karena keberhasilan gw. 

Panjang juga ya post ini. Initinya? Jadikanlah masa kecilmu sebahagia mungkin dan sepositif mungkin. Hanya dari jawaban 'Ya' atau 'Tidak' bisa merubah masa depan kita. Beruntung gw bisa hidup dengan keadaan dan kondisi yang seperti ini. Birapun jadi lebih tarsok dan gabut, tapi ya semua kembali dari diri masing-masing mau jadi apa. Tarsok dan Gabut ga apa-apa yang penting niat dan pinter, ya sedikit idiot juga ga apa-apa selama ga berbau negatif kayak kacamata kakak gw, dia minus matanya. Oke lawakan lainnya yang maksa.

Udah ah, mau lanjut ngenet lagi. UAS udah selesai tinggal nunggu nilai sama remed dah. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar